A. Pendahuluan
DC studio merupakan perusahaan produksi film dan televisi Amerika Serikat. Studio ini berfokus pada pembuatan konten multimedia mulai dari film layar lebar,serial televisi,animasi,hingga vidio game yang diadaptasikan dari karakter Iconic komik DC.Dcu(Disney studio Univers) : jagat fiktif yang menjadi latar tempat berkumpulnya semua karakter terbitan DC komik mulai dari Hero & vilain.
B. ISI
Konsep dari DC sendiri memakai memakai geografi campuran yakni dunia bumi dengan kota kota fiktif seperti Gotham city (bat man),metropolis(super man), central city,pulau tersembunyi(the myscra) .
1. asal
kekuatan yakni mayoritas dari faktor genetik khusus,sihir,teknologi dan ras
lain
2. film
gabungan(multiverse), DC juga punya banyak alternatif Univers yaitu dunia
pararel yang familiar ataupun sudah terkenal lewat komik komiknya dan juga
sudah menjadi film layar lebar salah satunya yaitu crisis on infinite earth dll
diera baru sekarang semesta Univers DC dibangun oleh Jamegan dan Peter Safran
yang saling terhubung
3. alurnya cukup rumit untuk diikuti karena sering ganti ganti cerita dan waktunya membingungkan juga kematian kematian tokoh yang permanen membuat film terkesan jahatwalaupun seperti itu DC tetap populer di semua kalangan dan mampu mencapai peringkat 3 dalam produsen film superhero yang paling banyak ditonton setelah Sony picture dan Marvel Dengan film film terlarisnya seperti Aquaman dan the dark knight juga joker.
Namun
dalam film film keluaran DC sedikit terlalu berlebihan mulai dari kekuatan
karakter yang terlalu over power dan kostum karakter yang terlalu ketat seperti
Superman dan masih banyak lagi, jika dibandingkan dengan saingannya yaitu
Marvel ,Marvel sendiri menyajikan film dengan world building yang masih
menggunakan latar dunia dan tempat nyata seperti New York dll. super power dari
masing masing karakternya pun tidak terlalu mennjol. Bahkan hanya mengandalkan
fisik dan keterampilan seperti halnya captain Amerika yang hanya mengandalkan
fisik dan experiment lalu keterampilan bertempur yang sudah dilatih di korps
militer lain halnya karakter dari DC yaitu Superman yang sama sama maskot dari
2 studio ini yang memilik banyak kekuatan over power seperti mata laser,napas
beku,terbang,fisik tak masuk akal dan lain sebagainya yang menjadikan Superman
terkesan tak terkalahkan.
DC
juga punya project bernama Dcu yang telah disebutkan tadi, bertemakan multi
jagad dengan konstruksi dunia fiktif - campuran dan penggabungan karakter
karakter dalam satu dunia seperti film pertama mereka yang mengusung tema
multiverse yaitu man of steel kemudian dilanjutkan dengan film lain seperti
Batman vs Superman, justice league dll yang masih terlalu kurang dalam
pengadatasiannya saat difilmkan.
Namun
dibandingkan Dengan Marvel yang tentunya lebih dulu mengusung tema multiverse
,Marvel lebih lihai dalam pengadaptasiaannnya ke dalam film seperti konstruksi
dunia serta susunan film yang lebih teratur dari film saga awal Avenger yaitu
iron man yang terus berkembang dan berlanjut hingga sekarang tentunya Marvel
lebih unggul dalam keteraturan alur cerita dan visual yang lebih memanjakan.
C. Kesimpulan
DC studio dan Marvel studio sama sama
mengusung tema superhero dan multiverse/multi jagad.jika kalian penggemar film
yang berkelanjutan dengan rentang waktu panjang lebih disarankan untuk melihat
Marvel karena dengan alur cerita yang lebih teratur dan kesinambungan alur yang
lebih kompleks dan mudah dipahami membuat Marvel lebih unggul namun kalian
kalian penggemar sejati Superman dan Batman lebih disarankan untuk melihat DC
karena dalam filmnya kalian akan mendapat penjelasan lebih dalam tentang
pengenalan masing masing karakter dan penjelasan penjelasan lain yang mungkin
dalam komik DC sendiri tidak di sebutkan.
Kelompok 2
-
Akmal - Latif
-
Royan - Didar
-
Zaki - Alif
-
Afgan - Zama
-
Hadi
