Akhirussanah Ikhtitam Alfiyah Ibnu Malik dan Wisuda Purna Siswa Tahun Ajaran 2023/2024 Jami'ah Al-Inaaroh

Akhirussanah Ikhtitam Alfiyah Ibnu Malik dan Wisuda Purna Siswa Tahun Ajaran 2023/2024 Jami'ah Al-Inaaroh

Pondok pesantren Al-Inaaroh baru saja melaksanakan Akhirussanah Ikhtitam Alfiyah Ibnu Malik dan Wisuda Purna Siswa kelas XII MA Takhassus Al-Inaaroh tahun ajaran 2023/ 2024 pada Ahad, 31 Maret 2024 yang  bertempat di halaman utama asrama putri pondok pesantren Al-Inaaroh. acara ini dihadiri oleh seluruh keluarga besar pondok pesantren Al-Inaaroh mulai dari seluruh santri beserta wali santri kelas VII MTs hingga kelas XII MA Takhassus Al-Inaaroh, seluruh jajaran guru hingga  Abah KH. Muhammad Luthfi, Umi Nyai Hj. Nur Hayati, beserta keluarga juga turut andil didalam penyelenggaraan acara Akhirussanah Ikhtitam Alfiyah Ibnu Malik dan Wisuda Purna Siswa tahun ajaran 2023/2024.

Akhirussanah Ikhtitam Alfiyah Ibnu Malik dan Wisuda Purna Siswa Tahun Ajaran 2023/2024 Jami'ah Al-Inaaroh
Ikhtitam kali ini diikuti oleh seluruh santri kelas XI yang mana memang sengaja diselenggarakan bersamaan dengan agenda wisuda kelas XII karena terkairlt beberapa pertimbangan di lingkungan Jami'ah Al-Inaaroh. Penyelenggaraan Wisuda kelas XII pun terbilang cukup cepat karena pertimbangan tersebut.

Agus Muhammad Mutawakkil Alallah Kafabih, S.PSi M,Ag (Gus Kafabih) selaku ketua yayasan abah luthfi center memberikan keterangan bahwa diselenggarakannya acara ikhtitam dan wisuda ini melalui beberapa pertimbangan, salah satunya untuk mengefisiensi waktu yang nantinya terkait dengan agenda kurikulum di Jami'ah Al-Inaaroh, kemudian rencana keberangkatan Haji yang diikuti oleh seluruh keluarga ndalem, pengasuh pondok pesantren Al-Inaaroh pada bulan mei mendatang, dan tentu saja dengan memanfaatkan moment libur hari raya idul fitri, sehingga setelah libur hari raya selesai, untuk kelas XII sudah bisa fokus untuk mempersiapkan pendaftaran kuliah atau untuk mempersiapkan agenda khidmah bagi yang nantinya terpilih untuk berkhidmah di pondok pesantren Al-Inaaroh.

" acara ini memang sengaja diselenggarakan bersama-sama antara akhirussanah ikhtitam alfiyah ibnu malik dan wisuda purna siswa seperti tahun sebelumnya. Akan tetapi agak sedikit berbeda karena diselengarakan lebih cepat dengan pertimbangan tertentu dari pihak pesantren. Yang biasanya ikhtitam ini dilaksanakan di akhirussanah (akhir semester genap) atau di awalussanah (awal tahun ajaran baru) ini di laksanakan di pertengahan semester genap ” . Ungkap Gus Kafabih dalam sambutannya.

Akhirussanah Ikhtitam Alfiyah Ibnu Malik dan Wisuda Purna Siswa Tahun Ajaran 2023/2024 Jami'ah Al-Inaaroh

Gus Kafabih kemudian menambahkan “ acara ini juga dilaksanakan secara internal, dimana yang biasanya wisuda serta ikhtitam Pondok Pesantren Al-Inaaroh melibatkan banyak pihak, dalam penyelenggaraan kali ini hanya dihadiri oleh keluarga besar Pondok Pesantren Al-Inaaroh saja. Karena didalam acara ini, keluarga hendak meminta do’a restu dan mohon pamit terkait rencana di bulan mei nanti, saya dan abah sekeluarga hendak berangkat haji. Mohon di do’akan semoga lancar, sehat dan kembali dalam keadaan selamat”.

Pesan kepada santri-santri terkait kesiapan yang harus dimiliki dan disiapkan oleh mereka juga disampaikan oleh Gus Kafabih dalam sambutannya “ kepada anak-anak saya keas XII, ini bukanlah akhir, melainkan sebuah awal untuk menuju ke fase yang lebih tinggi lagi. Dimana persaingan akan lebih ngeri lagi. Saya menghimbau kepada semua santri yang telah diwisuda, agar tetap memegang adab serta ilmu yang telah dipelajari untuk menghadapi kondisi-kondisi yang nantinya akan kalian jumpai dikemudian hari “ ujarnya.

Akhirussanah Ikhtitam Alfiyah Ibnu Malik dan Wisuda Purna Siswa Tahun Ajaran 2023/2024 Jami'ah Al-Inaaroh


Diantara rangkaian acara ikhtitam dan wisuda kali ini, terdapat beberapa hal penting yang perlu kita ketahui bersama, adalah penyelenggaraan ikhtitam alfiyah ibnu malik yang biasanya dilaksanakan pada akhir semester genap, kali ini diselenggarakan lebih awal dan tanpa mengurangi sedikitpun ketentuan-ketentuan yang menjadi standar mutlak ponpes Al-Inaaroh menghelat acara Akhirussanah ini. Tentu sebuah pencapaian luar biasa berhasil ditorehkan oleh santri-santri kelas XI Al-Inaaroh ini mengingat per 31 Maret 2024 kemarin masih dalam masa pertengahan semester genap.

Sekadar informasi, pada  kesempatan yang sama, pihak penyelenggara ikhtitam alfiyah Ibnu malik dan wisuda MA Takhassus Al-Inaaroh juga menganugerahi santrinya sebagai lulusan terbaik angkatan kedua seperti tahun lalu. adalah ananda RIFDA ZIDNAN DATU FRIDAY sebagai penyandang predikat lulusan terbaik MA Takhassus Al-Inaaroh tahun ajaran 2023/2024 ini.

Akhirussanah Ikhtitam Alfiyah Ibnu Malik dan Wisuda Purna Siswa Tahun Ajaran 2023/2024 Jami'ah Al-Inaaroh
Setelah prosesi ikhtitam alfiyah ibnu malik dan wisuda purna siswa selesai, acara kemudian dilanjutkan dengan mauidhoh hasanah serta pembinaan langsung dari pengasuh Pondok Pesantren Al-Inaaroh Abah KH. Muhammad Luthfi yang mana berisikan materi-materi pengantar sebagai bekal para santrinya menempuh kehidupan setelah nyantri di Ponpes Al-Inaaroh. Acarapun berjalan dengan khidmat dan tibalah pada sesi penutupan yang ditutup dengan sesi foto bersama.

Beranda Alinaaroh

Beranda Al-Inaaroh merupakan media yang mengakomodir berbagai bentuk informasi lembaga pendidikan yang ada di bawah naungan Yayasan Abah Lutfi Center.

2 Comments

Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan

  1. for my teachers who already teach me about a many knowledge i wanna say gratitude , thanks because your mind can help me know about a complex life. And also i wanna ask apologize if i have a many mistake such as say or do.
    i proud have a teacher like you✨❤️ thankyou very much🙏🤗

    ReplyDelete
  2. Selamat wisuda. Kesuksesan menanti kalian para santri ponpes Al-Inaaroh

    ReplyDelete
Previous Post Next Post