ASESMEN MADRASAH MA TAKHASSUS AL-INAAROH TAHUN AJARAN 2023/2024

ASESMEN MADRASAH MA TAKHASSUS AL-INAAROH TAHUN AJARAN 2023/2024

MA Takhassus Al-Inaaroh sedang melaksanakan Asesmen madrasah yang telah berlangsung sejak Sabtu,23 Maret 2024 hingga tanggal 28 Maret 2024. Asesmen madrasah ini diikuti oleh seluruh santri kelas XII. Baik santri putra maupun putri.  

Penyelenggaraan asesmen madrasah diatur dalam Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 723 tahun 2024 tentang Prosedur Operasional  Penyelenggaraan Asesmen Madrasah.

Asesmen merupakan proses pengumpulan dan pengelolaan data/informasi untuk mengukur kemajuan belajar dan capaian hasil belajar peserta didik terhadap Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan. 

Di MA Takhassus Al-Inaaroh sendiri, ini adalah Asesmen Madrasah untuk kali kedua, mengingat baru di tahun lalu, MA Takhassus Al-Inaaroh meluluskan angkatan pertamanya. Dan ini adalah angkatan kedua. Bayu Aryo Kokoh selaku Waka Kesiswaan MA Takhassus Al-Inaaroh menyampaikan “ asesmen madrasah ini sengaja kita selenggarakan di akhir Maret yang semata-mata untuk mengejar agar setelah Idul Fitri nanti, semua sudah selesai untuk kelas XII. Mengingat seluruh aspek penunjang diselenggarakannya Asesmen Madrasah di MA Takhassus Al-Inaaroh sudah terpenuhi, sehingga kita putuskan untuk menyegerakan pelaksanaan Asesmen Madrasah ini”

Beliau menyampaikan terkait alasan mengapa pihaknya menyelenggarakan Asesmen madrasah di tengah anak-anaknya sedang melangsungkan ibadah puasa ramadhan. Kendati demikian, situasi Asesmen madrasah kali ini terbilang lancar karena memang untuk skala santri, berkegiatan ditengah-tengah ibadah puasa bukanlah hal yang berat untuk dilakukan.

ASESMEN MADRASAH MA TAKHASSUS AL-INAAROH TAHUN AJARAN 2023/2024
Untuk pelajaran-pelajaran yang diujikan dalam Asesmen madrasah kali ini adalah Beberapa mata pelajaran umum dan ilmu takhassus  seperti :

1. Bahasa Indonesia
2. PAI
3. Bahasa Inggris
4. Alfiyah Ibnu Malik
5. Matematika
6. Fathul Mu’in
7. Bahasa Arab
8. TIK
9. Sosiologi
10. Ekonomi
11. Fathul Qorib
12. Bulughul Marom

 Meskipun dihari ahad tanggal 24 Maret kemarin siang hingga petangnya baru saja dilaksanakan tes munaqosah juga, akan tetapi tidak menjadi kendala apapun bagi para santri untuk tetap antusias melaksanakan asesmen madrasah ini. “tidak ada kendala apapun yang kita alami, karena memang kita sudah menyiapkan semuanya. Ditambah alokasi waktu yang efektif, membuat kita masih memiliki waktu untuk prepare dan istirahat untuk menghadapi Asesmen Madrasah ini” ujar Sabrina (salah satu santriwati kelas XII MA Takhassus Al-Inaaroh).

Beranda Alinaaroh

Beranda Al-Inaaroh merupakan media yang mengakomodir berbagai bentuk informasi lembaga pendidikan yang ada di bawah naungan Yayasan Abah Lutfi Center.

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan

Previous Post Next Post